apakah blog saya ini bermanfaat buat anda ?

Jumat, 09 Desember 2011

Hikmah Penciptaan Tulang, Persendian dan Otot


Coba Anda perhatikan bagaimana Allah membungkus tulang-belulang yang panjang dan lebar itu -misalnya tulang punggung dan tulang kepala- dengan daging yang sesuai menurut bentuknya. Tulang-tulang yang kecil dibungkus dengan daging yang sesuai menurut bentuknya, misalnya tulang jari.
Demikian pula halnya dengan tulang lengan atas dan lengan bawah, yang terkomposisi dari 360 tulang dan 248 persendian dan tulang kecil lainnya yang terletak di antara persendian. Sekiranya bertambah satu tulang saja, niscaya akan membawa mudharat bagi manusia dan butuh dihilangkan atau dikeluarkan. Sekiranya kurang satu tulang saja, niscaya akan menyebabkan cacat dan perlu di-gips.
Para dokter meneliti tulang-belulang tersebut dan kaifiyat penyambungannya untuk dapat mengetahui cara pengobatannya. Sementara orang arif memperhatikan tulang-belulang tersebut untuk menjadikannya sebagai bukti keagungan Allah Subhaanahu Wata'aala yang telah membuat dan menciptakannya dengan hikmah, ilmu dan kemahalembutanNya. Sungguh sangat berbeda cara pandang seorang dokter dengan seorang arif.
Kemudian Allah merangkai anggota-anggota tubuh tersebut dengan urat-urat yang memadukan seluruhnya bagaikan tali-tali yang saling mengikat dan menjaganya. Jumlahnya mencapai 529 urat. Tiap-tiap urat berbeda tebal dan tipisnya, panjang dan pendeknya, lurus dan bengkoknya, sesuai dengan tempat dan letaknya. Allah Subhaanahu Wata'aala menciptakan 29 pengikat untuk menggerakkan mata, untuk membuka, menutup dan menggunakannya untuk melihat. Sekiranya berkurang satu urat saja, niscaya akan lumpuh fungsi mata.
Demikian pula halnya dengan anggota-anggota tubuh yang lain. Tiap-tiap anggota tubuh itu dilengkapi dengan ikatan-ikatan pengikat sebagai alat untuk bergerak dan beraktifitas. Semua itu merupakan ciptaan Allah Yang Maha Bijaksana, Yang Maha Perkasa, lagi Maha Mengetahui. Dia menciptakannya dari setetes air mani yang hina. Sungguh celaka orang-orang yang mendustakan dan menentangnya.
Diantara keajaiban makhluk ciptaan Allah Subhaanahu Wata'aala adalah tiga rongga yang saling topang-menopang. Satu rongga berada di bagian depan kepala, satu rongga lagi di bagian tengah dan satu rongga lainnya berada di bagian belakang kepala. Lalu Allah menciptakan kemampuan yang sangat menakjubkan bagi rongga ini, yaitu sebagai alat mengingat, alat berpikir dan alat memahami.
Salah satu keajaiban makhluk ciptaan Ilahi adalah alat-alat dalam tubuh yang terlindungi dari pandangan mata, seperti hati, jantung, ginjal, paru-paru, usus, kandung kemih dan seluruh alat-alat tubuh yang berada di dalam perut yang sangat menakjubkan dan memiliki kekuatan serta fungsi yang berbeda-beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar