apakah blog saya ini bermanfaat buat anda ?

Jumat, 09 Desember 2011

KUDRAT ILAHI PADA PENCIPTAAN API

Coba Anda perhatikan hikmah penciptaan api dengan sifatnya yang bisa bersembunyi dan bisa menyala. Sebab, bila api menyala setiap saat seperti air dan udara, niscaya alam ini akan hangus terbakar. Tentu mudharat dan kerusakannya akan lebih besar dan merata. Sekiranya api tersembunyi terus dan tidak bisa menyala, tentu akan terluputlah hikmah penciptaannya.
Maka merupakan salah satu hikmah Allah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui adalah menjadikannya tersimpan di dalam benda, manusia dapat menyalakan dan mematikannya menurut kebutuhan mereka. Manusia dapat mengendalikan dan menyimpannya sampai saat mereka membutuhkan. Dan setelah memakainya, mereka dapat memadamkannya dengan izin Allah yang menciptakannya. Sehingga terlepaslah segala kesulitan dan bahaya dari keberadaanya.
Siapakah yang menciptakan dan menyalakannya dengan aturan yang sangat rapi dan menakjubkan ini? Api dapat digunakan dan dimanfaatkan. Di samping itu, manusia bisa terhindar dari bahayanya.
أَفَرَأَيْتُمُ النَّارَ الَّتِي تُورُونَ (71) أَأَنْتُمْ أَنْشَأْتُمْ شَجَرَتَهَا أَمْ نَحْنُ الْمُنْشِئُونَ (72) نَحْنُ جَعَلْنَاهَا تَذْكِرَةً وَمَتَاعًا لِلْمُقْوِينَ (73) فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ (74) فَلَا أُقْسِمُ بِمَوَاقِعِ النُّجُومِ (75) وَإِنَّهُ لَقَسَمٌ لَوْ تَعْلَمُونَ عَظِيمٌ (76) إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌ (77) فِي كِتَابٍ مَكْنُونٍ (78) لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ (79) تَنْزِيلٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ (80) أَفَبِهَذَا الْحَدِيثِ أَنْتُمْ مُدْهِنُونَ (81) وَتَجْعَلُونَ رِزْقَكُمْ أَنَّكُمْ تُكَذِّبُونَ (82) فَلَوْلَا إِذَا بَلَغَتِ الْحُلْقُومَ (83) وَأَنْتُمْ حِينَئِذٍ تَنْظُرُونَ (84) وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْكُمْ وَلَكِنْ لَا تُبْصِرُونَ (85) فَلَوْلَا إِنْ كُنْتُمْ غَيْرَ مَدِينِينَ (86) تَرْجِعُونَهَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (87) فَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنَ الْمُقَرَّبِينَ (88) فَرَوْحٌ وَرَيْحَانٌ وَجَنَّتُ نَعِيمٍ (89) وَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنْ أَصْحَابِ الْيَمِينِ (90) فَسَلَامٌ لَكَ مِنْ أَصْحَابِ الْيَمِينِ (91) وَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنَ الْمُكَذِّبِينَ الضَّالِّينَ (92) فَنُزُلٌ مِنْ حَمِيمٍ (93) وَتَصْلِيَةُ جَحِيمٍ (94) إِنَّ هَذَا لَهُوَ حَقُّ الْيَقِينِ (95) فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ (96)
"Maka terangkanlah kepadaku tentang api yang kamu nyalakan (dari gosokan-gosokan kayu). Kamukah yang menjadikan kayu itu atau Kamikah yang menjadikannya? Kami menjadikan api itu untuk peringatan dan bahan yang berguna bagi musafir di padang pasir. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar. Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang-bintang. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui, sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. Diturunkan dari Rabb Semesta Alam. Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al-Quran ini? Kamu (mengganti) rizki (yang Allah berikan) dengan mendustakan (Allah). Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan, padahal kamu ketika itu melihat, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada kamu.Tapi kamu tidak melihat, maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah), Kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar, adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh rizki serta surga kenikmatan. Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan, maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan. Dan adapun jika termasuk golongan orang yang mendustakan lagi sesat. maka dia mendapat hidangan air yang mendidih, dan dibakar di dalam neraka. Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar.”
Maha Suci Allah Yang Maha Agung. Dia telah memperkenalkan kepada kita tanda-tanda kebesaran-Nya dan telah mencukupkan kita dengan penjelasan-Nya serta telah menjelaskan kepada kita tanda-tanda kekuasaan-Nya di alam semesta. Dia mengabarkan bahwa api diciptakan untuk memperingatkan kita terhadap api (neraka) di akhirat. Kita berlindung diri dan menjauhkan diri darinya. Api juga sebagai bahan yang berguna untuk para musafir dan orang-orang yang singgah, yakni singgah di daerah kosong. Mereka tentu sangat membutuhkan api untuk penerangan, untuk memasak roti dan untuk menghangatkan badan serta sebagai sahabat yang menemani dan kegunaan-kegunaan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar